Hampir Kecewa karena Bugel9

Tanggal 3 Juli 2011, tepatnya jam 8.00 pagi adalah puncak dari selama aku mengikuti KKN lokasi di desa Bugel 9 kecamatan Panjatan, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Yaitu acara pameran dari hasil program kerja yang telah dilaksanakan selama KKN.

Tadinya aku hampir kecewa, karena aku gak bisa menunjukkan hasil program kerjaku, yang berupa Program kerja pendamping, Bidang Kependudukan dan Administrasi (Monografi ”www.bugel9.cc.cc") 
Kejadian ini disebabkan karena laptop yang saya gunakan pada saat pameran ERRRRORRR. Kemudian langsung ganti Laptop setelah penilai pertama selesai. :).
Padahal tim penilai yang pertama (WaDek. Fak. Hukum). Tapi karena sudah terlanjur apa boleh buat, Yasudahlah.
Sambil menantikan Tim Penilai lainya dan warga setempat sebagai pengunjung pameran, yang diadakan di depan Balai Desa Depok kecamatan Panjatan kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.




[pada saat penilaian] *Sumber foto dari Dokumentasi kelompok 9.

Saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Keadaan Umum Wilayah Desa Bugel 9.
Desa BUGEL 9 terletak di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta., sebelah Selatan berbatasan hamparan sawah, sebelah barat berbatasan dengan Pedukuhan 7 sebelah Utara berbatasan dengan Pedukuhan  8 dan 10, dan sebelah timur berbatasan dengan Pedukuhan 10. Desa yang suhu tanah di kawasan Bugel 9 sangat tinggi. Pagi hari, sekitar pukul 7, suhu permukaan tanah bisa mencapai 28o C. Puncaknya, pada pukul 1 siang, suhu tanah bahkan bisa mencapai 40o C. Dengan suhu yang sangat panas, maka kadar air tanah hanya berkisar 0,16 sampai 0,32 persen. Penguapan air (evapotranspirasi) di sini sangat tinggi. Air sangat mudah menguap dari tanah. Sebaliknya, kandungan bahan organik dalam tanah sangat rendah, berkisar antara 0,2 sampai 0,75 persen. Tingkat keasaman (pH) tanah antara 6-6,8.

Perkembangan teknologi dan persaingan bisnis lingkup domestik saat ini semakin terlihat dengan adanya beberapa SDM yang ada di Bugel 09 menjadi pengusaha kecil menengah atau yang biasa disingkat sebagai UKM. Sebagai contoh adanya peternak ikan, pengrajin kerajinan tangan dari eceng gondok, dan pengusaha tempe serta pengusaha melon. Namun, karena masih kurangnya perhatian dari pemerintah daerah setempat, akan lebih baik apabila adanya pihak yang mampu membantu pengembangan UKM tersebut. Apabila ada pihak yang mampu menyuntikkan dana kepada para pengusaha kecil tersebut dimungkinkan  pengusaha dapat berinovasi produk dengan memproduksi kedelai tidak hanya menjadi tempe saja namun bisa juga diolah menjadi tahu. Disamping itu, kondisi lahan yang sebagian besar dimanfaatkan sebagai tambak ikan, maka para petani khususnya petani melon, sering mencari lahan diluar daerah dengan cara menyewa musiman atau tahunan.
Jumlah Penduduk Desa Bugel IX sebanyak 284 Jiwa
 *Sumber data dan Informasi, dari Pak Dukuh Bugel 9.

Jadi, satu hal yang pasti kejadian tadi hanya berupa pembelajaran saja, kalau mau melakukan sesuatu atau menunjukkan sesuatu kepada orang lain kita harus mempersiapkannya dengan baik dan benar dan jangan lupa di cek kembali apakah seudah sesuai seperti yang kita harapkan nantinya, karena  suatu kesalahan bisa saja terjadi, contohnya seperti kesalahan yang aku alami, yaitu kesalahan tekni, karena Laptop yang digunakan Errrrrorrrrrrr, malam sebelum pameran tidak di cek ulang dan dipersiapkan dengan baik sebelum tidur malam. (,")

Tapi setelah tim penilai pertama selesai, saya segera kembali ke Posko untuk mengganti laptop, dan akhirnya yessssss,,....   rasa Kecewanya hilang, tidak jadi hampir kecewa karena Bugel 9. Tapi berhasil, tinggal menunggu hasil nilai akhirnya saja.


KKN Lokasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Semester Pendek 2011
Btw mudah-mudahan dalam waktu dekat ini aku bisa merangkai kalimat untuk mempublish apa aja kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Bugel khususnya Bugel 9, yang telah aku lakukan selama ini. karena terlalu banyak dan masih harus sibuk lagi mengikuti KKN yang ke dua yaitu menyusun LAPORAN, jadi ditunggu aja ya teman/temin,saudara/saudari. :)


di bawah ini contoh foto-foto kegiatanku baik pada saat akan melakukan program kerja-sedang-telah melakukan- ataupun melakukan kegiatan yang diluar program kerja. hehe..  (,")












foto-foto dokumentasi pribadi dari kelompok 9.

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top