FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MERENCANAKAN TEMPAT PERSALINAN DI PUSKESMAS DEPOK I SLEMAN YOGYAKARTA

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Persalinan merupakan proses alami yang akan berlangsung dengan sendirinya, tetapi persalinan pada manusia setiap saat terancam penyulit yang dapat membahayakan ibu maupun janinnya, sehingga memerlukan pengawasan, pertolongan dan pelayanan dengan fasilitas yang memadai (Manuaba, 1999).
Tingginya Angka Kematian lbu (AKI) merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian yang besar dalam upaya mencapai target pembangunan kesehatan 2010, di Indonesia angka kematian ibu melahirkan pada tahun 2007 mencapai 226 per 100 ribu kelahiran, 36 kasus ibu meninggal saat hamil atau melahirkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (Prasetyo, 2009), 11 kasus di Kabupaten Sleman, dan di wilayah Depok I Sleman tidak ditemukan angka kematian ibu pada tahun 2007 (Dinkes, 2007).
Penyebab utama kematian ibu terdiri atas beberapa faktor yaitu trias klasik seperti perdarahan, infeksi, dan keracunan kehamilan, serta faktor-faktor lainnya seperti pelayanan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, kondisi sosio ekonomi serta ketrampilan petugas kesehatan. Dengan kata lain, penyebab kematian ibu ada tiga faktor keterlambatan, yaitu keterlambatan dalam keputusan mencari pelayanan kesehatan, keterlambatan dalam mencapai tempat pelayanan kesehatan, dan keterlambatan menerima pelayanan kesehatan (Martini,1999), sehingga dengan adanya banyak faktor yang mempengaruhi kematian ibu terutama saat melahikan, maka menentukan tempat persalinan merupakan suatu hal yang penting untuk mencegah terjadinya tiga faktor keterlambatan di atas. Tempat persalinan yang direncanakan haruslah mempunyai berbagai kemudahan dan peralatan serta sumber daya manusia terlatih agar dapat mengatasi berbagai masalah. Setiap pasangan suami istri harus membuat keputusan sejak awal dalam menentukan tempat persalinan. Bagi ibu hamil yang memilki resiko tinggi kehamilan seperti kehamilan ganda, perencanaan persalinan sangatlah penting menyangkut masalah peralatan dan tenaga medis yang ahli. Pada ibu hamil dengan kehamilan ganda membutuhkan penanganan yang intensif dalam persalinannya, semua persiapan untuk resusitasi dan perawatan bayi premature disediakan. Golongan darah ibu sudah ditentukan dan persediaan darah diadakan mengingat kemungkinan perdarahan post partum lebih besar ( Prawirohardjo, 2007).
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak fasilitas-fasilitas kesehatan yang menerima jasa pelayanan persalinan baik dari pelayanan kesehatan yang berteknologi modern dan tenaga medis yang ahli maupun pelayanan kesehatan dengan fasilitas dasar dan tenaga medis yang terbatas, sehingga dengan adanya banyak fasilitas-fasilitas pelayanan persalinan, maka para ibu hamil memiliki banyak pilihan dalam merencanakan tempat persalinannya yang sesuai dengan keinginan ibu. Menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, di Kabupaten Sleman pada tahun 2007 terdapat 13.252 jiwa ibu hamil dan 645 diantaranya memiliki resiko tinggi pada kehamilan, dengan jumlah persalinan 12.647 persalinan yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan, dari 12.647 ibu yang bersalin, terdapat 11.729 ibu bersalin ditolong oleh tenaga kesehatan. Berdasarkan tabel cakupan ibu hamil kabupaten Sleman, persalinan ditolong tenaga kesehatan dan ibu nifas Kabupaten Sleman, persalinan disetiap kecamatan memiliki jumlah persalinan yang berbeda.
Berdasarkan hasil Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, di Puskesmas Depok I Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terdapat 45 ibu hamil trimester III yang melakukan Antenatal Care (ANC) di puskesmas ini. Puskesmas Depok I tidak melayani pertolongan persalinan, sehingga dari 45 orang ibu hamil trimester III memiliki kesempatan untuk memilih tempat persalinan yang diinginkan.
Dari uraian di atas, dengan adanya tiga faktor keterlambatan yang menyebabkan kematian ibu dan adanya kesempatan memilih tempat persalinan pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Depok I Sleman, maka penulis ingin melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ibu hamil trimester III dalam merencanakan tempat persalinannya. 


Untuk Selengkapnya Silahkan Download secara GRATIS, klick dibawah :
DOWNLOAD dengan Freakshare
  • Download BAB I
  • Download BAB II
  • Download BAB III
  • Download BAB IV
  • Download BAB V
  • Download Daftar Pustaka




    Bangga Indonesia
    Bangnes Updated at:
    Get Free Updates:
    *Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

     
    back to top