Gempa di Medan

Medan - Gempa berkekuatan 6,7 SR juga dirasakan di sebagian daerah di Sumatera Utara (Sumut). Sejauh ini belum diperoleh laporan kerusakan akibat guncangan gempa tersebut. Namun listrik di sejumlah titik di Medan, padam.

Gempa Bumi 6,7 SR Selasa (06/09) Dinihari sekira pukul 00:55:12 WIB. Lokasi 2.81 LU – 97.85 BT. Kedalaman 78 Km. Pusat gempa berada di 59 km TimurLaut SINGKILBARU-NAD , 75 km Tenggara KUTACANE-NAD , 78 km BaratDaya KABANJAHE-SUMUT , 89 km Tenggara TAPAKTUAN-NAD , 1411 km BaratLaut JAKARTA-INDONESIA, menurut BMKG tidak berpotensi Tsunami.

Guncangan gempa membuat sebagian masyarakat segera keluar dari rumah. Di kawasan Jl Yos Sudarso, warga terlihat berdiri di tepian jalan, sembari memperhatikan tiang lampu. Lampu yang bergoyang mengindikasikan guncangan masih terjadi.

Postingan kali ini muncul karena melihat status Facebook beberapa temanku yang ada di Medan.

contohnya: status "Tika Taruli"
GeTarN GemPa KmBli HadiR d kOta mEdan, 1 asrMa kLuar tnPa sanDal, kasIhan kmI.

dan juga status lainnya lainnya, Reza Syah Ananda yang tengah berada di Jl Amir Hamzah menyatakan, tak lama setelah gempa, listrik di kawasan Medan Helvetia, padam.

Juga informasi dari berita: "Tadi pertama lihat air bak di kamar mandi, begitu goyang langsung keluar rumah. Kemudian saya lihat lampu di tiang listrik juga goyang-goyang di depan rumah, jadi langsung keluar," ujar Ana, salah seorang warga di Jl Yos Sudarso, Selasa (6/9/2011).

Ternyata listrik juga padam di kawasan Jl Setia Budi, Jl HM Yamin, Jl Mansyur, dan sebagian kawasan Perumnas Simalingkar. Namun sejauh ini belum ada keterangan apakah padamnya listrik terkait gempa atau tidak.

Guncangan gempa di medan itu juga menyebabkan orang-orang yang tengah berada di gedung tinggi mengalami kepanikan. Mereka memutuskan segera turun dan keluar dari gedung tersebut, karena khawatir gedung tersebut akan rubuh. Antara lain terlihat di kawasan Jl S Parman, serta Jl Cirebon.

Selain di Medan, gempa juga dirasakan di sejumlah daerah lainnya yang bahkan terpaut sekitar 200 kilometer dari Medan, yakni Kabupaten Samosir, Toba Samosir dan Tapanuli Utara, kemudian Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, serta Kabupaten Labuhan Batu. Selain itu dirasakan juga di Kabupaten Karo, Deli Serdang dan Langkat.

Mudah-mudahan Keluargaku yang berada di Labuhan batu baik-baik saja.

Tuhan Lindungilah Keluarga kami, Gempa di Medan itu tidak berbahaya. Amien.

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top