bangnes.com mengucapkan Selamat Atas Langkah Jokowi-JK Ke Istana RI.

Karapan Sapi

Karapan sapi bahasa Indonesia Bull racing bahasa inggrisnya. hehe. ^_^

Karapan Sapi

Sekilas info: http://plat-m.com/lomba-blog-semi-seo-berhadiah-ponsel-android/
Dalam rangka merayakan ulang tahunnya Blogger Madura yang ke 2, Plat-M mengadakan kontes semi seo dengan tema "Karapan Sapi"

Acara ini merupakan kerjasama Blogger Madura Plat-M, BloggerNusantara, XL melalui program #XLaluCintaIndonesia, dan juga idblognetwork.com.

Karapan Sapi

karapan sapi


Karapan Sapi

Karapan sapi itu bagaimana sih? yah, ini pertanyaan pertama yang muncul dipikiran saya setelah membaca pengumuman bahwa karapan sapi mengadakan lomba blog semi SEO berhadiah ponsel Android, karena sebenarnya saya sendiri bingung mau nulis apaan nih tentang karapan sapi, tapi setelah sekian lama mencari artikel tentang karapan sapi ini dan saya mencoba untuk sedikit memberi penjelasan tentang karapan sapi, dan ini dalam rangka mendukung Plat-M untuk perayaan hari ulang tahunnya yang ke-2.

Setelah saya membaca beberapa artikel, mencerna dan mengahayati pertama sekali saya mencari tahu penulisan yang benar itu apakah kerapan sapi atau karapan sapi? karena dari sekian banyak artikel baik via online maupun buku yang saya baca ejaan penulisannya berbeda-beda, ada yang menuliskan kerapan ada juga yang menulis karapan.
Tapi dari kedua kata tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa kata-kata itu sama saja. Maksudnya adalah Karapan Sapi = Kerapan Sapi.
Karena dari postingan-postingan Nak-kanak Madura menggunakan kata "karapan" jadi saya juga dipostingan kali ini menggunakan kata "Karapan Sapi".

Dan kemudian saya mencari tahu definisi arti dari kata karapan Sapi?
Pada dasarnya dapat dijelaskan bahwa kata dari Karapan sapi adalah merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur.

Karapan sapi salah satu pesta rakyat di Madura, yang perayaannya digelar setiap tahun.



sekilas video karapan sapi


Sepertinya acara karapan sapi ini seru banget ya, tapi sayang saya belum pernah sekalipun menonton langsung kegiatan acara karapan ini. Yah mungkin karena saya belum pernah ke Pulau madura. hehe ^_^

karapan Sapi

Pulau Madura tidak hanya dikenal sebagai penghasil garam, tapi juga dikenal sebagai penghasil sapi. Yak sapi pacuan yang berkualitas sangat baik. Karena dari buku yang dulu pernah saya baca sang pemilik sapi biasanya mempersiapkan sapi pacuannya dengan memberikan pijatan khusus dan makanan tidak kurang dari 80 butir telur setiap harinya, agar stamina dan kekuatan sapi-sapinya terjaga.

Karapan Sapi di Madura merupakan pagelaran acara yang sangat unik, selain karena telah diwarisi secara turun menurun tradisi ini juga sampai sekarang masih terjaga dengan baik dan masyarakat di madura masih melaksanakan kegiatan ini.
Acara kegiatan karapan sapi ini tidak hanya disukai para turis lokal, tapi turis-turis dari mancanegara pun banyak yang menyukai dan menyaksikan karapan sapi.
karapan sapi

Acara karapan sapi ini selalu dilakukan setiap tahunnya, Para penonton karapan sapi tidak hanya disuguhi adu cepat sapi dan ketangkasan para jokinya, tapi biasanya sebelum memulai pertandingan para pemilik sering melakukan ritual arak-arakan sapi disekelilingi pacuan disertai alat musik khas Madura sehingga acara ini menjadi semakin meriah.


Harapan saya semoga kedepannya nanti acara karapan sapi semakin meriah, dan nansuatu saat nanti kalau saya ke Madura saya akan menyempatkan diri untuk melihat karapan sapi ini. Begitu juga dengan anda, kalau anda ke Surabaya, mari kita mampir ke Pulau madura dan menonton karapan sapi.

karapan sapi


karapan sapi

Juga semoga Blogger Madura Plat-M, Blogger Nusantara, dan IdBlogNetwork semakin sukses dan #XLaluCintaIndonesia.

Karapan Sapi adalah budaya khas Madura yang paling terkenal.
Daftar Pustaka:
Internet:
Google.com
Youtube.com
Google.co.id
Wikipedia.com
id.wikipedia.com
Dan blog tema-teman yang saya lupa blognya apa-apa aja karena saya terlalu banyak blogwalking
[Saya klik baca langsung close ganti ke blog-blog berikutnya]

Buku:
Judul: Fungsi sosial karapan sapi di Madura, Penulis: Umiati N.S.

Foto:
Google Images

protect paradise



Salam Bloggernes

Tunggu kelanjutan postingan ini, jadi bersambung dulu ^_^ . . .

Picasa


Karapan sapi PestaRakyat Madura bangnes dot com Karapan Sapi ( Plat - M )

5 komentar:

R Verry Kurniawan said...

Seru sekali yah acara karapan sapi di madura. Pada event kemarin tidak bisa hadir disana, padahal pingin...

Mudah mudahan ada waktu dan kesempatan dilain waktu

anes said...

@R Verry Kurniawan: hehehe ayo mas, kalo ntar kesana aku diajak ya mas. (,")

Anonymous said...

piala presiden/gubeng,, sebentar lagi akan dilaksanakan
di Satadion pamekasan pada 23-24 bulan 0ktober 2012
saksikan kesemptan ini

Abed Saragih said...

Sampai sekarang karapan sapi masih menjadi budaya disana yah Mas hehe :)

pacu jawi said...

salam kenal

karapan sapi emank gak ada matinya y mas.. :D

di sumatera barat sana ada juga balapan sapi, tapi mereka balapan di lintasan basah dan berlumpur. silahkan kunjungi balik untuk menyaksikannya langsung

Post a Comment