Jelang Hari Santu Sirilus, BEM STIPAS Ruteng Gelar Seminar Nasional

seminar stipas
Suasana seminar di STIPAS Ruteng/Foto: Ardi Aba

Bangnes.com - Menjelang hari jadi Santu Sirilus yang setiap tahun dijalankan pada 18 Maret, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Pastoral Ruteng menggelar seminar nasional bertakjub,” Idealisme Politik Dalam Rangka Membangun Kaum Muda yang Berkarakter Pemimpin” di Aula Kampus itu, Jumat (6/3).

Dalam seminar yang menghadirkan dua pamateri, antara lain, Adrianus Garu, SE, M.Si, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Nusa Tenggara Timur dan Yoakim Jehati, S.Ag, anggota DPRD Kabupaten Manggarai ini turut dihadiri oleh ratusan civitas akademik di kampus itu. Selain itu, seminar tersebut turut dihadiri oleh beberapa siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Ruteng.

Sirilus H. Ndakang, ketua seksi seminar BEM STIPAS Ruteng menjelaskan, kegiatan seminar tersebut dibuat dalam rangka merayakan hari ulang tahun santu Sirilus yang merupakan santo pelindung kampus yang sedang dipimpin Romo Alfons Segar, Pr itu.

“Kami mengambil tema seminar nasional ini tentang idealisme politik karena bersamaan dengan dalam waktu dekat daerah Manggarai menyelenggarakan Pilkada. Mahasiswa saatnya memahami politik,” ujar Sirilus.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Adrianus Garu mengatakan, fenomena yang tak terbantahkan realita politik di tanah air ini sudah terlalu banyak politik mahasiswa diintervensi oleh para elit. Karena itu, menurut dia, saatnya mahasiswa memahami idealisme politik dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah dan Negara ini.

“Dengan idealisme kita dapat melakukan hal yang luar biasa, bertahan pada suatu prinsip yang diyakini benar dan bahkan rela hidup menderita demi mempertahankan pandangan dan kehormatan,” kata Andre.

Yoakim Jehati, menjelaskan, kekuatan kaum muda dalam berpolitik harus dipahami sebagai bentuk upaya untuk memberdayakan dirinya. Ia juga menjelaskan, karakter pemimpin antara lain, harus kuat, tegas, jujur, disiplin, terbuka, dan cerdas.

Ardi Abba, Ruteng

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top