Membeli domain bekas atau domain yang sebelumnya sudah pernah digunakan sering dilakukan oleh para pemain paid review. Hal ini karena mereka membeli domain bekas untuk mencari pagerank yang dimiliki oleh domain bekas tersebut karena memang untuk domain yang baru diregistrasi jelas tidak mungkin memiiki pagerank dan tidak akan pernah terjadi.

Memilih dan membeli domain second (bekas) memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika sebelumnya belum pernah berpengalaman beli domain bekas ini. Yang jelas Anda harus memastikan bahwa domain bekas yang akan Anda beli tersebut tidak dibanned atau diblacklist oleh mesin pencari terutama Google karena sebagus apapun seo domain tersebut sudah pasti tidak akan terindex Google. Domain seperti ini biasanya pernah digunakan oleh spammer yang suka gonta – ganti blog.
Selain hal di atas, ada beberapa pertimbangan lagi yang perlu dijadikan referensi sebelum dan akan membeli domain bekas. Berikut ini ada 5 pertimbangan untuk referensi Anda.
  • Usia Domain
Usia domain sangat penting terutama bagi mesin pencari karena ini adalah ukuran kepercayaan dan eksistensi sebuah domain yang akan diutamakan oleh mesin pencari. Semakin tua usia domain, maka semakin bersahabat dengan mesin pencari.
Pastikan untuk mengecek tanggal registrasi dan masa expire domain tersebut serta apakah sempat mengalami drop yaitu masa expire hangus sebelum sempat diregistrasi ulang. Pengaruhnya history dari domain drop ini adalah seperti domain yang baru diregistrasi.
  • Pagerank Domain
Pageran jelas menjadi suatu pertimbangan penting dalam mengincar domain bekas, terutama bagi pebisnis online yang terjun dalam paid review dan paid links dimana pagerank sebuah domain menjadi tolok ukurnya.
Anda bisa mengecek pagerank sebuah domain menggunakan http://checkpagerank.ne.
  • Ekstensi atau Akhiran Domain
Ekstensi domain juga perlu jadi pertimbangan seperti pengutamaan penggunaan domain .com, namun apapun ekstensi domain yang Anda gunakan tidak menjadi masalah karena banyak juga blog – blog yang sukses besar dengan menggunakan ekstensi selain .com yang salah satu contohnya adalah Darren Rowse pemilik http://problogger.net
  • Nama Domain
Nama domain ini adalah hal pokok dalam memilih domain bekas yang akan Anda beli. Nama domain bisa mencapai 67 karakter namun sebaiknya memilih nama domain yang singkat, mudah diingat serta mengandung kata kunci yang Anda target atau setidaknya menggambarkan personalitas branding Anda.
  • Hak Cipta
Nah…yang ini juga krusial karena biasanya menyangkut nama dagang atau merek dari perusahaan yang punya nama besar dan elit. Usahakan jangan menggunakan atau memilih nama domain yang mengandung apalagi menggunakan merk dari suatu perusahaan offline. Hal ini pernah di alami oleh pemilik domain sony-ak.com yang disomasi oleh perusahaan asal Jepang Sony.corp namun akhirnya dibatalkan.

Selebihnya semua terserah anda. Bagaimana dengan anda?