Sumut Pentingkan Validasi Data Sektoral

Sumatera Utara berperan penting untuk memvalidasi data dalam perencanaan dan perumusan Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ir. H. Irman, M.Si diwakili Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik Abdul Aziz, S.Sos, M.AP pada virtual meeting validasi data statistik sektoral bertempat di ruang Sumut Smart Province Lantai 6, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Rabu (11/11).

“Diskominfo berperan sebagai walidata sektoral sedangkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Produsen Data Statistik Sektoral,” jelas Abdul Aziz.

Maka, data statistik sektoral yang dipublikasi harus melalui validasi, dengan melakukan pengevaluasian data agar tidak terjadi kesalahan pada data yang dibuat.

Sementara itu, Akademisi Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara Dr. Sutarman, M.Sc selaku Narasumber mengatakan bahwa data yang kita publish akan diterbitkan dalam satu buku untuk membuat keputusan dalam membangun rencana, sehingga diperlukannya data yang berkualitas.

“Setiap individu yang terlibat dalam produksi data akan menentukan kualitas data. Maka, Setiap Instansi harusnya memiliki definisi data yang jelas, sebab ketiadaan definisi data yang jelas dapat menghasilkan informasi yang bermacam-macam,” jelasnya.

Kepala Badan Pusat Statistik diwakili Statistisi Madya BPS Provsu Ir. Masta Juwita Gurning, MM menyampaikan bahwa data harus tepat sasaran untuk melakukan perencanaan pembangunan. Jika data yang di berikan salah dan dipakai oleh Pemerintah maka produknya juga akan salah.

“Diharapkan dengan adanya Walidata di setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat merangkul data dari OPD menjadi satu,” tegasnya.

Tidak lupa, Abdul Aziz menghimbau kepada masing-masing OPD khususnya para pengelola data untuk memvalidasi data OPD yang sudah diinput di Sistem Pengelolaan Statistik Sektoral Provsu melalui http://statistiksektoral.diskominfo.sumutprov.go.id/. Maka, data yang sudah divalidasi oleh OPD akan kami sinergikan dengan BPS Sumut untuk menjadi Data Statistik Sektoral Tahun 2020 yang siap dipublikasikan.

Kegiatan dihadiri Kepala Seksi Statistik Sektoral Julita, SE dan Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik Rahmad Saleh Daulay, S.E, M.AP. (IP)

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top