Dari Jarak 70 KM TNI Berhasil Hancurkan Kapal Musuh

BANGNES.COM – Perairan Natuna menjadi tempat tenggelamnya kapal-kapal asing pencuri ikan. Sudah ratusan kapal asing ditenggelamkan, terhitung sejak masa Menteri Susi. Meski demikian, aksi pencurian ikan di perairan Natuna tidak pernah berhenti.

Hari ini, Jumat (09/04/2021) kapal asing ilegal kembali memasuki perairan natuna. KSAL Laksamana TNI Yudo Margono yang mendapat laporan adanya kapal tersebut langsung melakukan manuver dengan kapal KRI Clurit-641 dan KRI Kujang 642, memastikan lokasi kapal musuh. Selanjutnya Margono merintahkan untuk melepaskan tembakan penghancuran.

“Otorisasi diterima. Laksanakan peluncuran rudal C-705,” ucap Margono.

KRI Clurit-641 dan KRI Kujang 642 masing-masing meluncurkan rudal C-705. Target pun berhasil dihancurkan dalam jarak 70 km.

Ternyata aksi ini merupakan bagian dari latihan Pra Armada Jaya pada Kamis (8/4) di perairan Natuna. Kapal yang menjadi target merupakan kapal eks KRI Balikpapan yang sudah tak beroperasi.

KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 merupakan Kapal Cepat Rudal (KCR) Type 40 yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I.

“Kapal ini merupakan kapal pemukul reaksi cepat di mana dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula,” jelas Margono.


(PRC/Ignas Fernandes)


0 Bangga Indonesia