BANGNES.COM - Timnas Indonesia U-20 mengalami kekalahan 0-2 dari Irak pada pertandingan pembukaan Grup A Piala Asia U-20 yang berlangsung pada Rabu, 1 Maret 2023.

Namun, para pemain Garuda Muda telah memilih untuk melupakan kekalahan tersebut dan fokus pada pertandingan selanjutnya melawan Suriah yang akan berlangsung pada Sabtu, 4 Maret 2023, di Stadion Lokomotiv Tashkent.

Alfriyanto Nico, pemain sayap Indonesia, menyatakan bahwa di leg kedua melawan Suriah, timnya harus bisa memaksimalkan peluang dan tidak kebobolan. Meskipun demikian, Nico dan rekan-rekannya telah memetik pelajaran dari kekalahan melawan Irak dan menyadari bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti masalah passing, komunikasi, dan finishing.

"Di leg kedua semoga lebih baik dari pertandingan kemarin, dan bisa memaksimalkan peluang dan tidak kebobolan," ujar pemain Alfriyanto Nico pemain sayap Indonesia sehabis menjalani latihan di lapangan latihan Bunyodkor 3, Stadion Bunyodkor, Tashkent, Kamis.

Selain itu, Garuda Muda juga harus bermain dalam situasi suhu yang cukup dingin, yang mungkin mempengaruhi sebagian besar pemain yang terbiasa bermain di iklim tropis.

Meskipun demikian, para pemain harus cepat beradaptasi dan tidak dapat menjadikan hal itu sebagai alasan performa yang tidak maksimal.

Pertandingan melawan Suriah akan menjadi laga hidup-mati bagi timnas Indonesia U-20 yang saat ini menghuni posisi juru kunci Grup A dengan nol poin. Namun, peluang Indonesia untuk lolos ke fase gugur masih belum tertutup sepenuhnya, karena Irak dan tuan rumah Uzbekistan juga akan bertemu pada Sabtu.

Jika Garuda Muda dapat mencuri tiga poin melawan Suriah, maka peluang Indonesia untuk melaju ke putaran berikutnya akan terjaga.

Kemenangan atas Suriah juga akan menjadi suntikan moral bagi Garuda Muda sebelum mereka bertemu tuan rumah Uzbekistan pada laga terakhir di Stadion Istiqlol, kota Fergana, pada Selasa, 7 Maret 2023.

Meskipun Indonesia saat ini berada dalam posisi sulit, para pemain tetap optimis dan akan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki performa mereka di pertandingan selanjutnya. (Po/Su)