BANGNES.COM - Peringatan 63 Tahun Hari Tani Nasional, Partai Buruh Sumut Siapkan Tim Pemecahan Konflik Petani.

Bertempat di Sekretariat Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Sumatera Utara, Partai Buruh Sumut bersama DPW SPI Sumut gelar rapat umum memperingati Hari Tani Nasional yang ke 63 tahun, Selasa, 26 September 2023.

Rapat umum memperingati Hari Tani Nasional ini sendiri dihadiri oleh Zubaidah Tambunan selaku Ketua DPW SPI Sumut, Muhamad Hafis Saragi yang merupakan Sekretaris bantuan Hukum SPI Pusat, Ijon Tuah Hamonangan Purba selaku Ketua Biro Koperasi SPI Sumut, dan Willy Agus Utomo selaku Ketua Exco Partai Buruh Sumut serta beberapa Ketua Exco Partai Buruh Kab/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kata sambutannya, Willy yang juga merupakan aktivis buruh di Sumut ini mengatakan akan membentuk tim bantuan Hukum untuk menangani dan memecahkan Konflik-Komflik Agraria yang ada di Sumatera Utara.

"Diawal, kita akan melakukan pemetaan dahulu. Pemetaan atas kasus-kasus konflik petani yaitu Agraria. Setelah itu kita Partai Buruh Sumut akan membentuk tim pemecahan kasus konflik-konflik Agraria dengan membentuk tim Lembaga Bantuan Hukum Khusus untuk Konflik Agraria di Sumatera Utara" Jelas Willy.

Selain akan mematahkan dan membentuk tim penanganan Konflik Agraria Partai Buruh Sumut, di Hari Tani Nasional ini juga Willy mengatakan akan melakukan gerakan penyatuan Kelompok Tani dan menggelar penanganan kasus-kasus Konflik Agraria 

"Kita melihat masih ada kelompok tani yang masih terpecah belah didalam satu kasus konflik Agraria. Kita akan coba satukan pemahaman untuk kelompok tani tersebut agar saling bersolidaritas dan bersama-sama dalam hal penanganan kasus-kasus tersebut. Selain melakukan penanganan secara Litigasi, kita juga akan menggelar upaya Non Litigasi yaitu menggelar aksi massa di lokasi konflik, di Kabupaten, di Provinsi maupun menyarakan kasus konflik Agraria ini secara Nasional" papar Willy yang juga merupakan Caleg DPRD Sumut Dapil 3 Daerah Pemilihan Kabupaten Deli Serdang.

Diakhir Pidatonya, Willy menambahkan bahwa hal ini adalah waktu yang tepat untuk kita memperjuangkan Konflik Agraria di Sumatera Utara.

"Menjelang Pemilu ini Pemerintah belum maksimal melakukan penanganan Konflik Agraria. Ini waktu yang pas untuk Partai Buruh membantu penanganan kasus-kasus tersebut. Saya Willy Agus Utomo, S.H selaku Ketua Eksekutif Partai Buruh Sumatera Utara mengucapkan Selamat Memperingati Hari Tani Nasional yang ke 63 tahun. Dengan ini juga kita menegaskan bahwa salah satu perjuangan Politik Rakyat Klass Pekerja ialah untuk Reforma Agraria Menuju Negara Sejahtera" tutup Willy sembari mengucapkan salam diakhir Pidatonya.

(PR/AF)