bangnes.com mengucapkan Selamat Menyambut Hari Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

HUBUNGAN ANEMIA GRAVIDARUM DENGAN KEJADIAN ABORTUS

PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Visi pembangunan Indonesia adalah Indonesia sehat 2010 dimana pada 2010 diharapkan bangsa Indonesia hidup dalam lingkungan yang sehat, berprilaku hidup bersih dan sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata sehingga memiliki derajad kesehatan yang tinggi.
Tingginya angka kematian ibu dan bayi menunjukkan rendahnya kualitas pelayanan kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan balita di Indonesia perlu adanya pendekatan dan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan adamya penempatan bidan, terutama di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan dalam bentuk pelayanan yang bersifat promotif, preventif dengan tidak mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif sesuai dengan kewenangan dan harus mampu menggerakkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan kebijakan Safe Mother Hood (SMH) dan prinsip Primary Health Care (PHC).
Dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat 2010 seperti yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah 2004-2009 sasaran yang ingin dicapai oleh pembangunan kesehatan adalah meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kemtian ibu dan bayi dan menurunkan prevalensi gizi kurang pada anak balita. Untuk mencapai hal tersebut, Departemen Kesehatan menetapakan visi masyarakat sehat yang dicapai dengan menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan meningkatkan system surveilans, monitoring, informasi kesehatan dan meningkatkan pembiayaan. Berkaiatan dengan strategi di atas sasaran yang ingin dicapai adalah pada akhir tahun 2008 seluruh desa telah menjadi desa siaga. Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Adapun tujuan dari penyelenggaraaan desa siaga adalah meningkatkan pengetahuan kesadaran masyarakat desa akan pentingnya kesehatan meningkatkan kewaspadaaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, meningkatnya keluarga yang sadar gizi dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatnya kesehatan lingkungan di desa serta meningkatnya kemampuan dan kemauan masyarakat desa menolong diriny sendiri di bidang kesehatan. Kriteria sebuah desa menjadi desa siaga adalah apabiala desa tersebut memiliki sekurang-kurangnya sebuah Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang diselenggarakan olah bidan.
Kesehatan masyarakat merupakan salah satu pilar pembangunan nasional Indonesia untuk itu STIKES RESPATI sebagai salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan sangatlah perlu untuk mendalami mengenai factor-faktor yang menyebabkan kejadian kesakitan di masyarakat. Kesehatan masyarakat dipengaruhi berbagai factor untuk itulah perlu dilakukan pengkajian secara komperehensif dalam kehidupan masyarakat sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya kesakitan dan factor yang mempengaruhinya. Tenaga kebidanan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang menjadi ujung tombak institusi kesehatan pemerintah dalam masyarakat untuk mendukung program kesehatan yang diselenggarakan pemerintah Indonesia dalam rangka mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.
Dalam rangka peningkatan kompetensi dan kemampuan analisa penyebab kejadian kesakitan dan upaya peningkatan kesehatan masyarakat oleh dosen dan mahasiswa, maka perlu diadakan kegiatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa ( PKMD) bagi mahasiswa Program Studi D III Kebidanan. Sebagai calon ahli madya kebidanan harus memiliki kompetensi yang cukup sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawabnya melalui praktek lapangan komunitas untuk mendukung program pemerintah. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengkajian sekaligus pembinaan terhadap masyarakat secara individu sehingga diperoleh permasalahan-permasalahan kesehatan dalam masyarakat dan upaya untuk memberdayakan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut.


Untuk Selengkapnya Silahkan Download secara GRATIS, klick dibawah :




0 komentar:

Post a Comment