PERBEDAAN PENILAIAN ALDRETE SCORE PADA GENERAL ANESTESI TIVA DENGAN KURETASE BERDASARKAN KARAKTERISTIK RESPONDEN DI RSUD LANGSA

Latar Belakang: Kuretase adalah sebuah tindakan medis untuk mengeluarkan jaringan atau sisa jaringan dari dalam rahim. Jaringan bisa berupa janin yang mengalami abortus, endometriosis, atau sisa plasenta yang tertinggal seusai persalinan. Pemeriksaan karakteristik pasien merupakan faktor penting dalam mengumpulkan data tambahan tentang riwayat pasien yang dapat menjadi penyulit / faktor risiko tindakan anestesi.

Tujuan Penelitian: Mengetahui apakah ada perbedaan karakteristik responden (usia ibu, riwayat obstetri/ginekologi, berat badan dan riwayat kuretase berdasarkan penilaian Aldrete Score Pasca General Anestesi TIVA di RSUD Langsa.

Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan rancangan penelitian adalah cross-sectional. Sampel dari penelitian adalah 36 pasien menjalani operasi elektif di Instalasi Bedah Sentral RSUD Kota Langsa Daerah Istimewa Aceh dengan kuretase. Analisis statistik yang digunakan adalah Kolmogorov–Smirnov test dan Uji t test dengan signifikasi sebesar 5%.

Hasil Penelitian: Pada 10 menit pasca kuretase, pasien dengan usia 20-35 tahun dan pasien dengan usia < 20 tahun atau > 35 tahun, pasien yang tidak memilliki riwayat obstetri/ginekologi dan memiliki riwayat riwayat obstetri/ginekologi; pasien dengan berat badan ≥ 50 kg dan< 50 kg; pasien tanpa riwayat kuretase dan memiliki riwayat kuretase seluruhnya memiliki nilai aldrete score < 9 atau tidak dapat dipindahkan. Pada 20 dan 30 menit pasca kuretase, pasien dengan usia 20-35 tahun dan pasien dengan usia < 20 tahun atau > 35 tahun memiliki responden lebih bayak dengan jumlah nilai aldrete score ≥ 9 atau dapat dipindahkan, pasien yang tidak memilliki riwayat obstetri/ginekologi dan memiliki riwayat riwayat obstetri/ginekologi memiliki responden lebih bayak dengan jumlah nilai aldrete score ≥ 9 atau dapat dipindahkan; pasien dengan berat badan ≥ 50 kg dan< 50 kg memiliki responden lebih bayak dengan jumlah nilai aldrete score ≥ 9 atau dapat dipindahkan; pasien tanpa riwayat kuretase dan memiliki riwayat kuretase memiliki responden lebih bayak dengan jumlah nilai aldrete score ≥ 9 atau dapat dipindahkan.

Kesimpulan: Tidak ada beda nilai Aldrete Score yang signifikan menurut kelompok umur ibu pada 1-10 menit dan 20-30 menit tetapi ada perbedaan nilai pada 11-20 menit. Tidak ada perbedaan nilai Aldrete Score pada 1-10 menit, 11-20 menit dan 21-30 menit berdasarkan riwayat obstetri. Tidak ada perbedaan nilai Aldrete Score pada 1-10 menit, 11-20 menit dan 21-30 menit menurut berat badan ibu. Ada beda perbedaan nilai Aldrete Score antara ada riwayat kuretase dengan tidak ada riwayat kuretase pada waktu 1-10 menit dan 11-20 menit tetapi tidak ada beda yang signifikan (bermakna) pada waktu 21-30 menit.


Untuk Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD GRATIS DIBAWAH

DOWNLOAD dengan FreakShare

Download Cover
Download Bab 1
Download Bab 2
Download Bab 3
Download Bab 4
Download Bab 5
Download Daftar Pustaka


DOWNLOAD dengan ziddu
Download Cover
Download Bab 1
Download Bab 2
Download Bab 3
Download Bab 4
Download Bab 5
Download Daftar Pustaka

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top