Keturunan Si Raja Lontung Bersatu di Desa Sabulan


BANGNES - Desa Sabulan Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir menjadi saksi awal sejarah bersatunya para keturunan Si Raja Lontung. Sabtu, 18 Agustus 2018 telah diadakan pengukuhan Pengurus Parsadaan Pomparan Raja Lontung.

Keturunan Pomparan Raja Lontung yang disebut 'Si Sia Sada Ina' bersatu hati untuk membentuk sebuah wadah perkumpulan yang diberi nama Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL).

Dirunut dari silsilah, Raja Lontung telah ada sejak 600 tahun lalu dan kini keturunannya telah tersebar dimana-mana. Si Raja Lontung memiliki 7 (tujuh) putra (anak) yaitu: Tuan Situmorang, Toga Sinaga, Toga Pandiangan, Toga Nainggolan, Toga Simatupang, Toga Aritonang, dan Toga Siregar. Serta 2 (dua) putri (boru) yaitu Siboru Amak Pandan (menikah dengan Sihombing) dan Siboru Gabe (menikah dengan Simamora).

Kesembilan anak tersebut telah menandatangani prasasti Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL) di Desa Sabulan tempat lahirnya si Raja Lontung dan penyebaran keturunannya dimulai dari sana.


Hingga saat ini seluruh Pomparan Ompu Tuan Situmorang memiliki keyakinan dan percaya bahwa Tuan Situmorang adalah anak pertama si Raja Lontung, dengan dasar sejarah lahirnya Tuan Situmorang yang memiliki nama kecil yaitu Torang atau Sitorang Nabolon (terungkapnya sejarah besar saat si Boru Pareme melahirkan anak pertamanya).

Merujuk pada sejarah, daerah Sabulan adalah lokasi pelarian Saribu Raja dan Siboru Pareme dari kejaran saudara-saudaranya Limbong Mulana dan Sagala Mulana dari kampung mereka di Sianjurmulamula.


Dalam pengukuhan pengurus PPRL, Mangihut Sinaga, SH, M.Hum terpilih sebagai ketua. Pada kesempatan tersebut ia diberi “bulang-bulang” dan “tungkot panaluan” serta kepada beberapa pengurus, agar Pengurus PPRL bekerja dengan baik.

Ketua terpilih, Mangihut Sinaga menyampaikan agar PPRL ini betul bekerja tanpa ada unsur kepentingan pribadi atau politik. "Kita akan bekerja dengan membangun perkampungan Siraja Lontung yang hampir 600 tahun hampir terlupakan. Kita dukung pembangunan di Samosir sebagai daerah Pariwisata, akan kita dukung untuk membangun infrastruktur," tegas Mangihut.


Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga bersama Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata yang turut menghadiri acara tersebut menyampaikan selamat kepada para pengurus terpilih.

Rapidin menambahkan agar warga Sabulan mensyukuri karena acara pengukuhan pengurus PPRL dilaksanakan di daerah tersebut. "Perlu kami sampaikan bahwa jalan yang melewati Kecamatan Sitiotio mulai dari Harian sampai Perbatasan Kabupaten Humbang Hasundutan sudah ditingkatkan statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi," kata Rapidin Simbolon.


Lebih lanjut Rapidin Simbolon sebagai Butapi Samosir mengatakan “mulai Tahun 2019 dana yang digunakan untuk membangun jalan tersebut berasal dari dana Provinsi, untuk itu ia mengajak semua pihak agar bersama-sama bekerja khususnya dengan adanya PPRL ini agar dana dari provinsi bisa disalurkan untuk pembangunan jalan tersebut.”

"Mari bersama-sama membangun Samosir ini, khususnya Sabulan ini sebagai perkampungan Siraja Lontung," tutup Bupati Samosir.

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top