BANGNES.COM - Pasca dilakukannnya pemutusan aliran listrik di beberapa OPD termasuk Dinas Kominfo Kabupaten Asahan , Kepala Dinas Kominfo, H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos MSi, menyampaikan Kekecewaannya atas tindakan yang dilakukan PLN ULP Kisaran dengan memutus aliran listrik di Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, pasalnya jauh sebelum pemutusan ini dilakukan, Kadis Kominfo sudah melayangkan surat permohonan penundaan pembayaran rekening listrik di Dinas Kominfo Kabupaten Asahan. Akibat proses di Simda dan SIPD belum sinkron, yang mengakibatkan pencairan uang belum bisa dilakukan. Namun pihak PLN ULP Kisaran nampaknya tidak memperdulikan surat permohonan tersebut dan tetap melakukan pemutusan pada hari ini, Jumat (29/01/2021).

“Dengan dilakukannya pemutusan jaringan listrik di Dinas Kominfo Kabupaten Asahan pada hari ini (29/01/21), saya pastikan jaringan internet yang ada di seluruh OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Asahan akan lumpuh total. Hal ini juga menyebabkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jaringan internet tidak dapat dilakukan, termasuk Informasi Covid-19 melalui ranning teks juga lumpuh.” Tegas Hidayat.

Lebih lanjut Rahmat Hidayat Siregar menjelaskan, awal tahun ini bukan hanya Kabupaten Asahan, tapi kabupaten/kota dan Provinsi seluruh Indoensia belum bisa melakukan pembayaran, karena ada perubahan apalikasi untuk laporan keuangan, sebelumnya namanya Simda dan diganti Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), dan aplikasi perubahan ini belum bisa digunakan.

“Sekarang sudah ada petunjuk dari Mentri kembali lagi ke Simda tapi harus dihubungkan dengan SIPD, sehingga seluruh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia masih mengerjakan itu dan belum bisa digunakan karena masih dalam proses,” jelas Kadis Kominfo.

Hidayat juga menjelaskan, bahwa PLN adalah bagian dari pemerintah sebaikanya ikut berperan serta dalam hal ini, karena pada dasarnya Pemkab bukan tidak mau bayar, tapi semata mata hanya karena keterlambatan sinkronisasi SIMDA dan SIPD. Tidak lah mungkin kita selaku ASN menggunakan uang milik pribadi untuk kepentingan Dinas, karena uang Pemkab harus digunakan untuk kegiatan Pemkab sesuai dengan tanggal yang digunakan.

Kadis Kominfo Asahan juga kembali menjelaskan, bahwa sebelumnya telah terjadi perdebatan dengan pemutusan aliran listrik running teks pengumuman Covid-19, namun Pemkab memohon untuk penyambungan karena running teks itu bagian dari langkah sosialisasi pencegahan covid-19 di Asahan.

“Kita sempat berdebat, akhirnya PLN menyambung kembali. Saya tidak habis pikir, kenapa dilakukan pemutusan, pada dasarnya linstrik bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk melayani masyarakat,” jelas Hidayat.

Pada hari ini Kita juga mendapat informasi bahwa RSUD HAMS juga akan dilakukan pemutusan aliran listrik oleh pihak PLN ULP Kisaran, kalau ini sampai benar benar terjadi bagiamana pelayanan Pasien yang ada di RSUD HAMS, karena menurut laporan dari Dirut RSUD saat ini ada sekitar 10 orang pasien yang dirawat di ruang ICU, kalau listrik diputus kita tidak tau apa yang terjadi dengan pasien tersebut.

Oleh sebab itu, untuk tindak lanjut pihaknya akan melakukan pelaporan ke PLN Wilayah Sumut dan PLN Pusat, apakah permohonan Pemkab Asahan tidak bisa ditorelir, dan apakah ini berlaku untuk semua wilayah di Sumut serta seluruh Indoensia.

“Saya akui PLN mempunya beban dan target, namun semua itu harus memperhatikan kepentingan masyarakat banyak, dan jangan karena masalah ini pelayanan publik dikorbankan,” jelas Hidayat.

Sementara itu pihak PLN I, Komang Sudiadnyana saat dikonfirmasi perihal pemutusan aliran listrik di beberapa OPD Kabupaten Asahan menjelaskan bahwa pelaksanaan pemutusan ini berdasarkan perintah dari PLN Wilayah.

Dilansir dari waspada.id Manager PT PLN ULP Kisaran, Rosi Hasibuan saat dikonfirmasi, Jumat (29/1/2021), mengatakan 44 kantor diantaranya Kantor Bupati, Kantor Camat Kistim, Inspektorat, Kominfo, Koperindag, Kolam Renang, dan gedung lainnya. Berdasarkan standar operasional PLN telah mengeluarkan invoice untuk tagihan kepada Pemkab Asahan, namun tidak ditanggapi, sehingga disampaikan surat untuk pemutusan bila tunggakan tidak dilunasi, dan terakhir dilakukan pemutusan sementara pada hari ini.

“Kita sudah sampiakan invoce, dan sudah melayangkan surat, namun tidak juga dilunasi, sehingga kita terpaksa melakukan pemutusan sementara gedung perkantoran Pamkab Asahan sebanyak 44 gedung dan akan dilakukan pemutusan secara bertahap,” jelas Rosi.

Rosi mengatakan, bahwa rekening adalah kewajiban yang dibayarkan oleh Pemkab Asahan tepat waktu. Pihaknya juga mengakui ini awal tahun dan anggaran belum bisa di cairkan, tapi itu tidak bisa dijadikan alasan, karena kewajiban tetaplah kewajiban yang harus dipenuhi.

Disinggung mengenai surat permohonan penundaan pembayaran rekening listrik yang disampaikan beberapa OPD ke Pihak PLN, apakah tidak menjadi pertimbangan dari pihak PLN ULP Kisaran untuk menunda pemutusan listrik, Rossi selaku Manager enggan menanggapinya.


(PRC/Hendra Piliang)