Kebakaran Kilang Minyak Diakibatkan oleh Sambaran Petir


BANGNES.COM – Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dini hari 00.45 (29/3/2021).

Ledakan mengakibatkan beberapa rumah penduduk mengalami kerusakan. Selain rumah penduduk, sebuah masjid yang baru mulai digunakan pun mengalami kerusakan. Kaca-kaca pecah berantakan akibat getaran.

Dugaan sementara, ledakan kilang minyak diakibatkan oleh sambaran petir. Pada senin dini hari, Balongan-Indramayu diguyuri hujan.

Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical Pertamina Ifky Sukarya mengatakan, kebakaran diduga akibat petir yang yang terjadi pada Senin dini hari.

“Jadi tangki di kilang RU VI Balongan terbakar pada pukul 00.45 WIB dan kebetulan saat itu sedang terjadi hujan besar dan diduga ada petir,” ujar Ifky.

Lebih lanjut Ifky menekankan bahwa sambaran petir hanyalah digaan sementara. Penyelidikan yang mendalam masih dilakukan guna mengetahui apa penyebab pastinya.

“Kebakaran terjadi saat hujan besar dan petir, salah satu tangki P300G terbakar. Untuk saat ini kami belum memastikan, menunggu informasi lebih lanjut,” kata Ifky.

(PRC/Ignas Fernandes)


0 Bangga Indonesia