BANGNES - Sebanyak 307 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 89 Desa yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bergelombang mendeklarasikan bersama-sama, untuk Pilkades Damai di Kabupaten Asahan Tahun 2022, kegiatan dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Rambate Rata Raya, Senin (5/9/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Asahan, Suherman Siregar, SSTP, MM menjelaskan, Desa sebagai Otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya Calon Kepala Desa sekaligus undian nomor urut Calon Kades 307 orang, maka untuk memahami tahapan selanjutnya dan  menciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu dilaksanakan Deklarasi Damai pada hari ini.

“Maksud dan tujuan deklarasi ini adalah, untuk mensukseskan Pilkades sesuai peraturan Perundangan. Menciptakan Pemilihan Kepala Desa yang Jujur, Aman, Adil dan Berkualitas serta  menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga, dalam rangka  mensosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan Calon Kades masing-masing,” ungkapnya.

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, jajaran Kepala OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, Ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades serta Calon Kades. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga menandatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan.

Pada kesempatan itu, seluruh Calon Kepala Desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak bergelombang membacakan Deklarasi yang dipimpin Calon Kepala Desa Buntu Pane, Manten Aperi Simbolon dan diikuti Calon Kepala Desa yang lain.

Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H, S.IK, M.H menyampaikan harapannya, semoga pelaksanaan Pikades serentak bergelombang di Kabupaten Asahan dapat berjalan aman, tertib dan damai.

Kapolres juga menjelaskan beberapa langkah dalam menciptakan Pilkades yang Aman, Tertib dan Damai, salah satu langkah yang diambil adalah satu Desa satu TPS, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan pelaksanaan Pilkades, agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan kondusif, aman dan bermartabat.

Sementara itu,  Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dan Forkopimda mengucapkan selamat kepada para  Calon Kepala Desa. Semoga senantiasa diberi kesehatan, sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan hari ini, seluruh Calon sengaja dikumpulkan, dimaksudkan Lanjut Bupati, guna melaksanakan Deklarasi Damai, kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi dan komitmen para Calon Kades, agar mewujudkan Pilkades yang demokratis dan bermartabat. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan Pilkades yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

“Saya titip kepada Bapak / Ibu Calon Kades, agar bisa membangun situasi yang kondusif di wilayahnya masing-masing. Saya titip juga, supaya bisa saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan Visi - Misi, tunjukan bahwa wilayah para Calon Kades mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik,” ucapnya.

Bupati  menambahkan, bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah-belah, konflik, tentunya kalah menang hal yang biasa. Bupati menghimbau, agar nantinya para Calon Kades bisa menerima dengan legowo / lapang dada apapun hasil Pilkades, sebab keputusan sudah diatur oleh yang diatas.

“Jangan sampai ada gesekan konflik, oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, untuk bisa bergandeng tangan dalam  mensukseskan Pilkades serentak yang akan digelar Tanggal 7 September 2022. Selamat berkontestasi, semoga semangat persaudaran semangat kekeluargaan bisa mewujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” pungkasnya.

(Hendra Piliang)