BANGNES.COM - Sebanyak 1.108 peserta ikuti ajang kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-14 tingkat Kabupaten Padang Lawas, yang akan bertanding pada sebanyak delapan cabang perlombaan di perhelatan tahunan tersebut, demikian disampaikan Sekdakab Padang Lawas, Arpan Nasution saat menyampaikan laporan Panitia Pelaksana MTQN ke-14, pada Selasa malam (28/02/2023), bertempat di Lapangan Sepakbola SMKN 1 Sosa Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa.

"Dari sebanyak 1.108 peserta yang akan mengikuti delapan cabang perlombaan di MTQN nantinya, sebanyak 519 peserta putra dan sebanyak 589 peserta putri. Kegiatan MTQN ini berlangsung sejak tanggal 28 Februari 2023 dan ditutup pada tanggal 3 Maret 2023," jelas Arpan.

Sebelumnya, Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada para peserta MTQN ke-14 tingkat Kabupaten Padang Lawas yang datang dari 17 utusan kafilah kecamatan se-Padang Lawas. 

Seterusnya, Kepala Kantor Kemenag Padang Lawas, Abdul Manan mengatakan, ajang tahunan perhelatan MTQN ini adalah sebagai sarana meningkatkan tali silaturrahim antara pimpinan daerah dengan seluruh elemen dan lapisan masyarakat, sebagai upaya untuk terus menyemarakkan syiar Islam lewat kecintaan akan membaca alqur'an.

Kemudian, Ketua DPRD Padang Lawas, Anwar Pikal Siregar menyebutkan, perayaan MTQN ke-14 tingkat Kabupaten Padang Lawas tahun ini sungguh sangat meriah dan terlihat antusiasnya warga masyarakat di Kecamatan Sosa dalam mensupport dan mensukseskan kegiatan MTQN tahun ini, semoga kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan untuk pelaksanaan MTQN tingkat Kabupaten Padang Lawas pada masa-masa mendatang.

Sementara itu, Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu menyatakan, pada perhelatan MTQN ke-14 tahun 2023 kali ini, cukup fantastis dengan adanya hadiah-hadiah tambahan yang diberikan dari pihak ketiga di luar dari persiapan panitia pelaksana.

Diantaranya adalah 7 paket umroh bagi pemenang dan sebanyak 5 unit sepeda motor, juga partisipasi dari warga masyarakat berupa 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Melihat antusiasnya warga masyarakat di Kecamatan Sosa dalam mensupport dan menyemangati para peserta ajang MTQN ke-14, Plt. Bupati Padang Lawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu meminta kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Padang Lawas, agar hadiah berupa paket umroh ini bisa ditetapkan dalam Banggar DPRD Padang Lawas, sebagai hadiah paket umroh bisa ditetapkan sebagai hadiah utama pada ajang MTQN tingkat Kabupaten Padang Lawas setiap tahunnya.

Pantauan Pojokredaksi.com, selain diiringi upacara nasional menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci alqur'an.

Opening ceremonial MTQN ke-14 tingkat Kabupaten Padang Lawas juga diiringi dengan pengibaran bendera LPTQ Nasional persis di depan mimbar utama MTQN, serta diberkahi dengan doa yang dibawakan oleh Ketua MUI Padang Lawas, H. Ismail Nasution, Lc. 

Terpantau pula Bupati Padang Lawas pertama, Basrah Lubis dan mantan Sekdakab Padang Lawas kedua, Gusnar Hasibuan dan mantan Sekdakab Padang Lawas ketiga, Irfan Suaduon Hasibuan turut hadiri pembukaan MTQN tersebut, yang ditandai dengan prosesi pembaitan Dewan Hakim dan pemukulan beduk tanda dimulainya perlombaan MTQN tersebut. (Po/MS/Af)