BANGNES.COM - Menjelang musim mudik Lebaran 2023, Pemerintah Kota Cilegon menggelar rapat gabungan persiapan angkutan Lebaran. 

Rapat antara lain membahas perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang difungsikan sebagai jalan alternatif menuju Pelabuban Ciwandan.

Rapat gabungan tersebut dihadiri Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Sekretaris Daerah (Sekda) Maman Mauludin serta stakeholder terkait di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Cilegon, Selasa (7/3/2023).

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, dalam persiapan mudik, pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk perbaikan atau menambal jalan yang berlubang di sepanjang JLS. 

"Menindak lanjuti hal kemarin bahwa kita harus menyiapkan perbaikan JLS dimana ada Pelindo yang akan digunakan sebagai pelabuhan alternatif bila kondisi di Pelabuhan Merak padat," kata Helldy.

Helldy menyadari, jumlah anggaran sebesar Rp1,5 miliar tidak memadai untuk melakukan perbaikan, sehingga Pemkot Cilegon diharuskan kembali menggandeng industri untuk melakukan perbaikan.

"Tidak adanya dana dari Dinas PUPR, jadi yang akan kami lakukan adalah memohon dan menambah dari anggaran yang sudah ada, kami juga akan mengundang hari Senin kepada para industri yang ada di Kota Cilegon supaya bahu membahu," ujarnya.

Selain itu, Helldy menambahkan, dikarenakan waktu dan dana yang terbatas, maka perbaikan JLS hanya sebatas pemerataan saja alias tambal sulam. Hal itu agar tidak membahayakan pengendara yang hendak menyebrang ke Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan.

"Untuk pemerataan bahu dan yang lainnya sementara, dikarenakan anggaran yang terbatas. Kita perbaiki JLS supaya jalannya mulus," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Maman Mauludin menyampaikan, ditargetkan pemerataan JLS ini akan selesai sebelum musim angkutan Lebaran tahun 2023.

"Mempersiapkan jalan mulus sebelum Lebaran, pengamatan arus lalu lintas arahan dari Korlantas. sementara menutup lubang saja," tutupnya. 

(Po/Ho)