Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur kekayaan serta keindahan Hutan Surgawi yang semakin terancam mendekati kehancuran ini, yaitu Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Juga ada aktivis Indonesia yang memiliki suatu motivasi dan visi untuk menjadikan dunia menjadi hijau dan damai, yaitu Greenpeace Indonesia. Menjadi saksi atas kerusakan lingkungan dengan cara yang damai tanpa kekerasan, landasan prinsip dan nilai-nilai dasar yang tercermin dalam setiap aksi kampanye lingkungan, di seluruh dunia.

Hutan alam merupakan rumah bagi duapertiga dari spesies tanaman dan binatang di dunia.

orang utan

Pada tahun 1971 berawal dari sekelompok aktivis yang berlayar dari Vancouver, Cananda dengan kapal nelayan tua. Mereka adalah aktivis, Pendiri dari Greenpeace, Mereka percaya bahwa setiap orang dapat melakukan perubahaan.

Sesuai seperti landasan prinsip dan nilai-nilai dasar Greenpeace Indonesia yang dijelaskan di situs www.greenpeace.or.id prinsip tersebut adalah:
  • Menjadi saksi atas kerusakan lingkungan dengan cara yang damai tanpa kekerasan
  • Menggunakan konfrontasi tanpa-kekerasan untuk meningkatkan perhatian dan debat publik mengenai isu lingkungan
  • Dalam mengekspos ancaman terhadap lingkungan dan mencari solusi, tidak memiliki sekutu permanen ataupun lawan
  • Menjamin independensi sumber keuangan dari kepentingan politik atau komersial
  • Mencari solusi untuk mempromosikan secara luas dan menginformasikan perkembangan dari pilihan untuk lingkungan di sekitar masyarakat

Dalam mengembangkan strategi kampanye dan kebijakan tersebut Greenpeace Indonesia menaruh perhatian besar untuk mencerminkan dasar, menghormati prinsip-prinsip demokratis dan untuk mencari solusi dalam meningkatkan keadilan sosial secara global.
harimau

Mengaum Lebih Keras Untuk Hutan Indonesia, itulah salah satu kampanye yang dilakukan oleh aktivis pecinta lingkungan ini, yaitu "Greenpeace, khususnya Greenpeace Indonesia. Greenpeace memiliki landasan prinsip dan nilai-nilai dasar yang tercermin dalam setiap aksi kampanye lingkungan, di seluruh dunia. Bangga Indonesia

Apakah kamu tahu bahwa hutan hujan Indonesia adalah yang terluas ketiga di dunia setelah Brazil dan Kongo? Namun sayangnya hutan surgawi ini hilang dengan sangat cepat -- antara tahun 2009 hingga 2011 Indonesia kehilangan sekitar 620.000 hektar hutan atau setara dengan kehilangan 70 hektar hutan hujan setiap jamnya. Menyedihkan, bukan?

Lindungi Hutan Indonesia

Masih ada harapan untuk menyelamatkan hutan-hutan Indonesia dan menyelamatkan mereka yang hidup dari/di hutan. Ini adalah pergerakan perubahan. Kita menjadi bagian di dalamnya. #BeraniUntukHutan

Suara kita perlu didengar "Protect Paradise". Semakin banyak orang yang berbicara dan memberikan dukungan akan membuat kita semakin kuat. Tak ada yang dapat mencegah kita melakukan perubahan, dan kamu bisa memberikan dukungan untuk menyelamatkan Harimau terakhir.

Harimau Sumatra hanya tersisa 400 ekor saja yang hidup di alam liar. Kerusakan hutan yang disebabkan pembangunan industri kelapa sawit yang tidak bertanggung-jawab, seharusnya dihentikan.

Mari kita memberi pesan yang jelas kepada perusahaan-perusahan yang terhubung dengan kerusakan hutan untuk segera menghentikan kegiatan industri merusak mereka dan berkomitmen pada praktek-praktek yang lebih bertangung jawab. Supaya Undang-undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat terlaksanakan dengan baik dan benar.

Masyarakat lokal yang hidupnya tergantung dari hutan akan terkena dampak kerusakan hutan ini. Bukan hanya itu, ketika hutan hilang satwa-satwa endemik seperti harimau pun kehilangan habitatnya dan mendorong mereka terancam punah. Artinya, ketika kita gagal bertindak, ada kemungkinan kelak anak cucu kita hanya bisa melihat harimau melalui monitor komputer. Namun kita masih ada waktu untuk beraksi sekarang agar Harimau Sumatera tidak punah.

Selamatkan hutan selamatkan Indonesia

Melindungi hutan "Protect Paradise" berarti menghentikan perubahan iklim. Penghancuran dan degradasi hutan berpengaruh besar terhadap perubahan iklim dalam dua hal.
  1. Perambahan dan pembakaran hutan melepaskan karbon dioksida ke atmosfir.
  2. Kerusakan hutan akan mengurangi area hutan yang menyerap karbon dioksida.

Kedua peran ini sangat penting karena jika kita menghancurkan hutan tropis yang tersisa, maka kita telah kalah dalam pertarungan menghadapi perubahan iklim.

Selamatkan hutan selamatkan Indonesia

Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
hutan


keluarga orang utan
source and image: www.greenpeace.or.id

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top