Jenis - Jenis Kue Bulan

Kue Bulan terbagi dalam beberapa jenis, yaitu jenis-jenis isi kue bulan, jenis-jenis kulit kue bulan dan jenis-jenis lainnya.

Jenis - Jenis Kue Bulan

kue bulan

Jenis-jenis Isi Kue Bulan

  • Lotus seed paste (lian rong).
    Lotus seed paste, kue ini dianggap paling mewah, paling berharga dan paling lezat. Di beberapa tempat, karena tingginya harga lotus seed paste yang jarang terdapat, maka kadang juga digunakan white kidney bean sebagai bahan tambahan pengisi.
  • Sweet bean paste (dou sha, sering dilafalkan tau sa di Indonesia).
    Sweet bean paste, kue ini paling banyak terbuat dari azuki beans, sehingga dikenal dengan nama red bean paste. Tapi di beberapa tempat lain terbuat dari Mung bean atau black bean. Ini juga banyak terdapat di Indonesia, yang dibilang isi “tau sa” biasanya berwarna hitam.
  • Jujube paste
    Jujube paste, kue ini berbentuk pasta yang manis, terbuat dari buah yang masak dari tumbuhan jujube. Warna dari pasta ini biasanya merah gelap, sedikit asam, ada aksen rasa seperti diasap. Kadang bisa dibingungkan antara jujube paste dan red bean paste. Isi jujube paste ini hampir-hampir tidak pernah dijumpai di Indonesia, karena tidak populer sama sekali.
  • Five kernel
    Five kernel, kue ini berisi 5 macam kacang-kacangan dan biji-bijian yang dicincang kasar, dan direkatkan satu sama lain dalam mooncake dengan maltose syrup.

Jenis-jenis Kulit Kue Bulan

  • Chewy
    Chewy, kue inilah yang sekarang paling populer di mana-mana dan banyak dijumpai di seluruh dunia. Seperti nampak dalam foto-foto di atas, seperti inilah kulit mooncake yang disebut dengan chewy ini, yang paling banyak disukai dan sudah menembus lintas batas benua. Terbuat dari bahan-bahan sirup gula kental, lye water, tepung dan minyak.
  • Flaky
    Flaky, jenis yang ini lebih dikenal dengan nama Suzhou-style mooncake. Adonan kulitnya dibuat dengan menggulung adonan yang terdiri dari minyak dan tepung. Rasa dan tekstur hampir sama dengan model pastry barat atau puff pastry.
  • Tender
    Tender, jenis kue ini ada di beberapa provinsi di China dan beberapa tempat di Taiwan.

Jenis-jenis Kue Bulan / Mooncake Style lainnya:
  • Cantonese - style mooncake
    Cantonese-style mooncake ini yang paling mendunia, berasal dari provinsi Guangdong, dan di tempat asalnya terdapat lebih dari 200 variasi.
  • Suzhou - style mooncake
    Suzhou-style mooncake bermula dari ribuan tahun lalu, campuran yang royal dari lemak binatang dan gula serta tepung. Model yang ini banyak juga terdapat di Indonesia.
  • Beijing - sytle mooncake
    Beijing-sytle mooncake ada 2 variasi, yang satu disebut dengan di qiang, yang lebih mirip dengan Suzhou style. Dan satu lagi disebut dengan fan mao, di mana rasanya cenderung lebih flaky.
  • Chaoshan (Tiociu)- style mooncake
    Chaoshan (Tiociu)- style mooncake ini juga flaky tapi lebih memiliki diameter yang lebih besar daripada Cantonese-style, tapi lebih tipis. Aroma lemak yang digunakan akan lebih kuat untuk style ini.
  • Ningbo - style mooncake
    Ningbo-style mooncake lebih khusus di provinsi Zhejiang, rasa lebih cenderung ke asin dan spicy.
  • Yunnan - style mooncake
    Yunnan-style mooncake ini rasanya Cenderung lebih manis.
  • Mooncake Modern
    Mooncake Modern, untuk jenis kue yang satu ini sekarang sudah banyak bervariasi, ada yang dari agar-agar, ada yang dari ketan/glutinous rice, ada yang isinya keju, chicken floss (abon ayam), tiramisu, bahkan ice cream, coffee, dan lain-lain.

protect paradise

Inilah jenis - jenis Kue Bulan dari majalah mingguan tentang resep makanan yang bisa saya simpulkan dan jadikan bahan postingan saya hari ini.

Untuk mengetahui cara membuat Kue Bulan silahkan klik DISINI.

Bangga Indonesia
Bangnes Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top